Dibalik Final Piala Presiden 2018

Viral foto dan video Gubernur DKI Anies Baswedan yang dilarang oleh Paspampres turun ke podium pemain bersama rombongan Presiden memang menimbulkan beragam tanggapan.
Ada pihak yang menyayangkan terjadinya peristiwa ini.  Dan ada juga yang menganggap hal ini biasa biasa saja yang tidak perlu dipermasalahkan. 
Pihak yang paling bertanggung jawab dalam peristiwa ini adalah ketua panitia Piala Presiden,  yaitu Maruarar Sirait.  Dalam keterangan nya beliau sudah memberikan keterangan perihal peristiwa tersebut, "Itu pejabat juga enggak semuanya turun. Pak Mensos (Idrus Marham) enggak turun, Kepala BIN (Budi Gunawan) juga enggak turun. Ya baik-baik aja gitu loh," ujar Maruarar dikutip dari okezone.com. 
Sebuah keterangan yang membantah berbagai spekulasi yang menyatakan bahwa peristiwa tersebut terjadi karena perbedaan pandangan politik mereka yang kebetulan berbeda. 

Saya sendiri sulit menerima keterangan tersebut. Bagaimana dengan anda?. 

Karena final Piala Presiden sudah berlangsung tiga kali ini. Dan Final yang berlangsung sebelumnya, Gubernur DKI tampak menemani Presiden di podium pemain.  Sebuah pertanyaan yang belum terjawab,  "kenapa ada perbedaan perlakuan dengan Final sekarang?". 
Toh, kalau memang panitia sudah memutuskan hanya Presiden dan beberapa rombongannya tanpa Gubernur DKI yang nanti di akhir pertandingan yang ke podium menyerahkan hadiah dan piala kepada pemenang, semestinya sudah ada komunikasi. Sehingga kejadian tersebut (penghadangan oleh Paspampres kepada seorang Gubernur) tidak perlu terjadi. 

Tapi apapun itu marilah kita menilai segala sesuatu secara proporsional. Hal yang menjadi pertanyaan dan kejanggagalan kita tidak selama nya harus terjawab. Toh,  Gubernur DKI Anies Baswedan dan Presiden Jokowi adalah sosok yang pernah saling mendukung. Dan meskipun sekarang berseberangan secara politik itu hanya sebuah dinamika. 

Hanya saja harapan saya adalah sebagai tokoh dan  pemimpin seharusnya peristiwa tersebut tidak perlu terjadi dan harus dihindari.  Hal tersebuat hanya akan memunculkan ruang spekulasi dan fitnah dari kalangan masyarakat.  Panitia juga harus bisa lebih profesional. 

Ini harapan saya, sih. Bagaimana dengan anda?. 

Selesai.

photo by: okezone.com

Comments

Popular posts from this blog

"molimo"

Buka Mata , Buka Telinga

Apa arti nama dalam selembar amplop?